pengertian sistem informasi akuntansi
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :
-
Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
-
Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
-
Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi
nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi
keuangan.
SIA terdiri dari 3 subsistem:
-
Sistem pemrosesan transaksi
mendukung proses operasi bisnis harian.
-
Sistem buku besar/ pelaporan keuangan
menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.
-
Sistem pelaporan manajemen
yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan
bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan
keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan
pertanggungjawaban.
Sistem Informasi Manajemen
Sistem
Informasi Manajemen memproses berbagai transaksi non-keuangan yang
tidak bisa diproses oleh SIA biasa. tapi bagaimana juga sistem juga di
lakukan dengan kerja bersama time...dengan mendukung semua ide dari
masing2 group yang melakukan kerja dilapangan.....dan bagaimana kita
memberikan semangat yang tinggi buat karyawan....perusahaan
Cara Kerja
Untuk memahami bagaimana SIA bekerja, perlu untuk menjawab beberapa pertanyaan sebagai berikut :
-
Bagaimana mengoleksi data yang berkaitan dengan aktivitas dan transaksi organisasi?
-
Bagaimana mentransformasi data kedalam informasi sehingga manajemen dapat menggunakan untuk menjalankan organisasi?
-
Bagaimana menjamin ketersediaan, keandalan, keakuratan informasi ?
Manfaat
Sebuah SIA menambah nilai dengan cara:
-
Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat
melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
-
Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
-
Meningkatkan efisiensi
-
Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
-
Meningkatkan sharing knowledge
-
menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar