Internet telah membuat interaksi bisnis menjadi multi-aspek. Sekarang orang bisa melakukan bisnis, seperti membeli sesuatu, bertransaksi, dan menjalankan fungsi-fungsi bisnis melalui internet. Konsumen dan pemilik/pengelola bisnis dapat mendapatkan dan melakukan apa yang mereka inginkan tanpa harus meninggalkan beranjak dari tempat duduk, selama terhubung dengan internet.
Istilah e-business dan e-commerce seringkali terlihat dan digunakan
untuk proses yang sama. Namun demikian, meskipun berhubungan, keduanya memiliki
arti yang berbeda. Awalan “e”
berarti “elektronik”, yang berarti kegiatan
atau transaksi yang digunakan tanpa pertukaran atau kontak fisik. Transaksi
diadakan secara elektronik atau digital, sesuatu dibuat menjadi mungkin dengan
pesatnya perkembangan komunikasi digital.
E-commerce berarti
transaksi bisnis melalui internet di mana pihak-pihak yang terlibat melakukan
penjualan atau pembelian. Transaksi yang dilakukan dalam e-commerce pada dasarnya melibatkan pengalihan (transfer) atau penyerahterimaan (handing over) kepemilikan dan hak atas produk atau jasa.
Secara
teknis, e-commerce hanya merupakan bagian dari e-business karena, menurut definisi, e-business adalah semua transaksi bisnis online,
termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen (e-commerce), transaksi dengan
produsen dan pemasok, dan interaksi dengan mitra bisnis. Pertukaran informasi
via database terpusat
juga dilakukan dalam e-commerce. Fungsi-fungsi
bisnis hanya terbatas pada sumber daya teknologi.
E-commerce pada
prinsipnya melibatkan pertukaran uang dalam transaksi. E-business,
karena lebih luas, tidak terbatas pada transaksi yang bersifat keuangan (monetary). Semua aspek dalam
bisnis, seperti pemasaran, perancangan produk, manajemen pemasokan, dsb.,
tercakup
E-business lebih mengenai
pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yang bermutu,
perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. Jadi, tentu saja, e-commerce merupakan bagian takterpisahkan dari
proses e-business, namun dalam
kerangka terbatas, e-commerce merupakan kegiatan menjual dan membeli.
Ringkasan:
1. E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu
bagian dari e-business.
2. E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis
seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
3. E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan
uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang
tidak diperlukan.
4. E-business melibatkan pemasaran, perancangan
produk, evaluasi layanan konsumen, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar